Job pada Ragnarok Online


Profesi dalam Ragnarok Online adalah salah satu aspek permainan Ragnarok Online (RO) yang paling penting karena pilihan profesi menentukan status yang diperlukan dan memberikan kemampuan yang berbeda-beda.

Novice dan Super Novice

• Novice adalah profesi tiap karakter yang baru dimulai. Profesi ini belum mempunyai banyak kemampuan khusus, namun penting untuk mempelajari kemampuan dasar bermain setiap orang berupa Basic Skill di dalam permainan ini. Mereka dapat mengandalkan senjata berupa pisau dan beberapa jenis pedang. Setelah patch New Payon, tempat pelatihan yang sudah disempurnakan bisa meningkatkan level awal pemain yang masuk ke dunia RO pada sekitar level 7 dari level 1 ketika belum ada pelatihan. Selain mempelajari kemampuan dasar, profesi ini juga mampu menguasai dua kemampuan aktif, berupa First Aid, kemampuan untuk menyembuhkan sedikit HP, dan Play Dead merupakan kemampuan untuk berpura-pura mati sehingga musuh berhenti menyerang, namun kemampuan ini akan lenyap setelah pemain berpindah profesi. Kedua kemampuan ini hanya bisa dipelajari setelah menyelesaikan tugas-tugas tertentu.
• Super Novice merupakan profesi yang diimplementasikan bersamaan dengan update Episode 6: City of Love pada akhir September 2004. Bagi para Novice yang memiliki level 45 dan job level 10 dapat berpindah profesi menuju Super Novice. Profesi ini dapat mempelajari hampir seluruh kemampuan semua Profesi 1, bahkan mampu menyewa Cart seperti Merchant dengan penampilan yang lebih unik. Regenerasi HP dan SP pun lebih cepat dua kali lipat dibanding dengan Novice biasa. Selain itu, profesi ini juga memiliki kelebihan-kelebihan lain tersendiri yang tidak dimiliki oleh profesi lain. Namun jenis senjata dan perlengkapan yang dapat digunakan oleh profesi ini sama dengan Novice biasa, dan profesi ini juga tidak membiarkan seorang pemain untuk berpindah ke Profesi 1 maupun Profesi 2.
Profesi 1
Setelah mencapai Basic Skill (Kemampuan Dasar) level 9 di job level 10, pemain bisa berubah menjadi profesi pertama di tempat yang telah ditentukan.
• Swordsman merupakan profesi yang menggunakan ahli pedang dan tombak layaknya seorang prajurit. Jika dibandingkan dengan Profesi 1 lainnya, Swordsman memiliki STR tertinggi. Pemain yang memilih profesi ini dapat menggunakan banyak jenis senjata jarak dekat, seperti pedang yang menggunakan dua tangan, perisai dan armor. Beberapa kemampuan khusus adalah Bash, berupa salah satu kemampuan ofensif yang sering digunakan pemain, dan Increase HP Recovery yang merupakan skill pasif yang meingkatkan daya regnerasi HP. Kota para Swordsman bernama Izlude. Profesi lanjutannya adalah Knight atau Crusader.
• Archer merupakan profesi yang memiliki keahlian khusus dalam memanah. Pemain seperti Archer lebih mengutamakan jarak dalam hal bertempur, selain itu profesi ini cocok untuk bermain secara solo. Profesi ini memakai busur dan panah sebagai senjatanya, namun dapat juga menggunakan pisau walaupun tidak dianjurkan, karena sebagian banyak dari kemampuannya seperti Arrow Shower dan Double Strafe memerlukan panah dan busur sebagai senjata. Payon adalah kota para Archer. Profesi lanjutannya adalah Hunter, atau Bard untuk pemain pria dan Dancer untuk pemain wanita.
• Thief merupakan profesi yang mengandalkan kecepatan menyerang dan elakan. Senjata yang sering digunakan adalah pisau. Profesi ini bukanlah profesi terkuat, namun kecepatan yang dimilikinya mampu menyerang dua kali dengan Double Attack, meracuni musuh, bersembunyi, dan bahkan mencuri barang dari musuh. Selain itu, Thief adalah satu-satunya profesi yang dapat menyembuhkan racun dengan Detoxify. Kota untuk berpindah profesi ke Thief adalah Morroc. Profesi lanjutannya adalah Assassin atau Rogue.
• Magician/Mage merupakan profesi yang menguasai ilmu sihir sebagai perlawanan. Profesi ini merupakan karakter yang paling lemah, namun memiliki INT yang tertinggi yang memperbolehkannya untuk mengeluarkan berbagai jenis sihir ofensif. Profesi ini hanya dapat menggunakan tongkat sihir dan pisau sebagai senjata. Semua kemampuan sihirnya sebagian besar memiliki elemen khusus, dan kemampuan dukung lainnya seperti Sight dapat mendeteksi musuh yang bersembunyi atau kemampuan pasif seperti Increase SP Recovery meningkatkan daya regenerasi SP. Geffen merupakan kota para Mage dan profesi lanjutannya adalah Wizard atau Sage.
• Acolyte merupakan profesi pendukung di dalam permainan. Kemampuannya berupa doa-doa dapat menyembuhkan dan melindungi dirinya sendiri maupun karakter lain. Profesi ini merupakan profesi favorit, dan tidak dapat menggunakan senjata tajam, namun dapat menggunakan banyak jenis tongkat sebagai senjata. Selain melindungi dan menyembuhkan, Acolyte dapat menciptakan air suci dengan Aqua Benedicta dan sangat kuat untuk melawan musuh berjenis undead. Profesi ini hanya memiliki satu kemampuan ofensif berupa Holy Light yang dapat dikuasai setelah menyelesaikan tugas khusus. Kota Prontera berupa kota untuk profesi ini. Pemain dapat berupah menjadi Priest ataupun Monk setelah profesi ini.
• Merchant merupakan profesi khusus yang mengutamakan perdagangan di atas pertarungan. Profesi ini tak pandai bertarung namun dapat menyewa Cart dari para Kafra untuk berdagang dan memiliki kapasitas menyimpan barang terbesar. Selain itu, kemampuan seperti Overcharge dam Discount memudahkannya untuk mendapat banyak Zenny dan mengiritnya. Profesi ini menggunakan senjata jenis kapak. Alberta adalah kota untuk para Merchant. Profesi lanjutannya adalah Blacksmith atau Alchemist.
Profesi 2
Profesi 2-1
Profesi ini adalah profesi yang sudah bisa dipakai sejak awal munculnya RO. Pemain dapat berubah ke profesi ini setelah mencapai job level 40 namun bisa ditangguhkan sampai ke level 50 tergantung kebutuhan pemain.
Daftar di bawah mengikuti urutan di atas.
• Knight merupakan salah satu profesi lanjutan dari Swordsman dengan pertahanan terkuat dan mampu mengendarai Peco-Peco. Profesi ini lebih mampu menggunakan segala jenis senjata pedang dan tombak. Dengan semua kemampuannya seperti Spear Mastery yang memungkinkan Knight menggunakan tombak dengan mudah dan efektif, profesi ini boleh dibilang salah satu profesi dengan kekuatan fisik terbesar. Kota untuk berubah menjadi Knight adalah Prontera di mana karakter harus pergi ke Prontera Chivalry. Seorang Knight dengan level 99 dapat berubah kemudian menjadi Lord Knight.
• Hunter merupakan salah satu profesi lanjutan dari Archer yang dapat menyewa Falcon sebagai teman bertarung dan ahli jebakan. Karakter ini mampu menggunkan segala jenis panah dan busur. Kemampuannya sebagian besar merupakan banyak jenis jebakan sperti Ankle Snare dan Freezing Trap yang dapat membekukan musuh. Falcon yang dimilikinya, berupa sejenis elang yang dapat diperintah untuk menyerang atau membantu para Hunter. Untuk berpindah ke profesi ini, karakter harus menuju sebuah Hunter Guild yang terletak kota Hugel. Seorang Hunter dengan level 99 dapat berubah kemudian menjadi Sniper.
• Assassin merupakan salah satu profesi lanjutan dari Thief yang, selain mengandalkan kecepatan, kemampuan meracuni musuh adalah prioritas utama baginya. Berbeda dengan Thief profesi ini kini dapat bergerak selagi bersembunyi dengan Cloaking. Selain itu, profesi ini menguasai banyak jurus mematikan yang disertai racun. Assassin mampu menggunakan senjata jenis katar selain pisau. Tempat untuk berpindah menjadi profesi ini terletak di timur kot Morroc di mana ada sebuah Assassin Guild yang tersembunyi. Seorang Assassin dengan level 99 dapat berubah kemudian menjadi Assassin Cross.
• Wizard merupakan salah satu profesi lanjutan dari Mage yang menguasai ilmu sihir dengan nilai ofensif yang tinggi. Profesi ini tetap menggunakan tongkat sihir sebagai senjata andalannya, namun sihirnya yang disertai 4 macam elemen jauh lebih bervariasi dan dasyat dibandingkan dengan seorang Mage. Kemampuan seperti Sense dapat mendeteksi status musuh dan kini setelah menggunakan Sight, profesi ini mampu menyerang dengan Sightrasher. Untuk menjadi profesi ini, seorang Mage perlu mengunjungi menara utama di kota Geffen. Seorang Wizard dengan level 99 dapat berubah kemudian menjadi High Wizard.
• Priest merupakan salah satu profesi lanjutan dari Acolyte yang merupakan karakter terbaik sebagai pendukung. Profesi ini mengandalkan kemampuannya dalam mukjizat berupa doa dan mantra untuk melindungi dan mendukung karakter lain. Merupakan satu-satunya karakter yang dapat menghidupkan karakter lain dengan Resurrection dan ahli perlawanan semua jenis monster berjenis undead. Selain gada, Priest dapat menggunakan senjata jenis buku dan tongkat. Untuk berubah menjadi Priest, diperlukan mengunjungi gereja utama di kota Prontera. Seorang Priest dengan level 99 dapat berubah kemudian menjadi High Priest.
• Blacksmith merupakan salah satu profesi lanjutan dari Merchant yang ahli dalam hal penciptaan senjata, penggunaan senjata kapak dan perdagangan. Profesi ini mampu menciptakan senjata baru dengan jenis-jenis barang seperti batu-batu dan baja. Profesi ini juga memungkinkan karakter untuk lebih ahli dalam hal pertarungan dibandingkan dengan Merchant. Di kota Einbroch terdapat sebuah Blacksmith Guild untuk menjadi profesi ini. Seorang Blacksmith dengan level 99 dapat berubah kemudian menjadi Whitesmith.
Profesi 2-2
Disebut juga profesi 2 alternatif, profesi ini diimplementasikan bersamaan dengan update "Episode 5: Juno" pada bulan Juli 2004.
• Crusader merupakan salah satu profesi lanjutan dari Swordsman yang memiliki kemampuan bertarung serta melindungi dirinya maupun karakter lainnya. Penggunaan perisai dapat dijadikan sebagai senjata untuk profesi ini. Selain memiliki kemampuan menyerang dan pengendaraan Peco-Peco seperti Knight, karakter ini juga memiliki beberapa kemampuan selayaknya seorang Acolyte seperti Heal. Ampuh untuk melawan para musuh berjenis undead. Lokasi untuk menjadi seorang Crusader terletak di istana kota Prontera. Seorang Crusader dengan level 99 dapat berubah kemudian menjadi Paladin. Di beberapa regional RO, Crusader disebut juga sebagai Defender.
• Bard dan Dancer merupakan profesi lanjutan dari Archer yang menggunakan seni musik untuk membantu memberikan semangat mental dalam hal pertarungan. Seorang Archer pria dapat menjadi Bard, sedangkan yang wanita dapat menjadi Dancer. Para Bard memiliki kemampuan bernyanyi yang sebagian besar berpengaruh terhadap HP karakter maupun lawan. Senjata yang digunakan berupa alat musik, dan bahkan dapat memanah dengannya sebagai pengganti busur. Para Dancer menguasai kemampuan menari yang sebagian berpergaruh terhadap SP karakter maupun lawan. Senjata yang digunak berupa cambuk, yang juga dapat digunakan sebagi pengganti busur untuk memanah. Mereka memiliki kemampuan ansambel yang memerlukan keduanya untuk berduet, sehingga menghasilkan efek yang beragam. Kota untuk menjadi Bard adalah Lutie, sedagkan Comodo adalah kota untuk menjadi Dancer. Seorang Bard dengan level 99 dapat berubah kemudian menjadi Clown dan seorang Dancer dengan level 99 dapat berubah kemudian menjadi Gypsy.
• Rogue merupakan salah satu profesi lanjutan dari Thief yang memakai taktik licik untuk meraih kesusksesan pertarungan. Profesi ini dapat mencuri perlengkapan karakter lain dalam PvP, dan memiliki berbagai macam kemampuan beragam untuk mengecoh musuh beserta kemampuan Intimidate, Steal Coin dan Double Strafe seperti profesi lainnya. Selain pisau, profesi ini juga mengandalkan busur dan panah sebagai senjata. Untuk menjadi seorang Rogue, perlu mengunjungi Rogue Guild di basement Pharos Lighthouse. Seorang Rogue dengan level 99 dapat berubah kemudian menjadi Stalker.
• Sage merupakan salah satu profesi lanjutan dari Mage yang mampu menguasai sihir sebagai pertahanan. Apabila dibandingkan dengan Wizard, kemampuan sihir Sage lebih terfokus kepada kemampuan suportif dan defensif, namun keahlian Sage yang paling berguna adalah kemampuannya untuk memanipulasi elemen sihir. Karakter ini mampu membatalkan efek sihir dan kemampuan musuh dengan Dispell, dan dengan Free Cast, mampu untuk membaca mantra selagi berjalan. Selain tongkat sihir, Sage juga biasa menggunakan buku sebagai senjatanya. Profesi ini kuat untuk melawan jenis musuh naga karena skill Dragonology dan dirancang khusus menjadi karakter pendukung. Untuk berubah ke profesi ini, karakter Mage harus mendaftarkan diri ke dalam Sage Academy di kota sihir, Juno. Seorang Sage dengan level 99 dapat berubah kemudian menjadi Professor.
• Monk merupakan salah satu profesi lanjutan dari Acolyte yang merupakan profesi dengan salah satu kekuatan fisik terbesar yang menguasai jurus-jurus pukulan dan bela diri. Profesi ini mampu bertempur secara fisik tanpa senjata ataupun dengan senjata jenis cakar dengan kemampuannya, Iron Fist. Kombo serangannya beragam, dan berbeda dengan Priest, karakter ini selain suportif mampu untuk dijadikan karakter penyerang. Selain itu, kemampuannya pun dapat memanggil 'Spirit Sphere' yang membantunya dalam hal pertempuran. Jurus andalan dari seorang Monk adalah Ashura Strike, yang mengorbankan seluruh SP untuk memberikan damage besar ke musuh. Tempat untuk berubah menjadi Monk terletak di sebelah timur laut dari kota Prontera. Seorang Monk dengan level 99 dapat berubah kemudian menjadi Champion.
• Alchemist merupakan salah satu profesi lanjutan dari Merchant yang mampu menciptakan beragam ramuan kimia, penciptaan makhluk hidup secara biologis, perlindungan senjata beserta penguasaan kapak. Ia mampu menciptakan monster untuk menyertainya dalam pertarungan bernama Homunculus, yang terbagi menjadi 4 macam yaitu Amistr, Filir, Lif dan Vanilmirth, masing-masing memiliki kemampuan tersendiri. Di kota Al De Baran dapat ditemui Alchemist Union, sebuah tempat untuk berpindah ke profesi ini. Seorang Alchemist dengan level 99 dapat berubah kemudian menjadi Creator.
Profesi Transcended/Rebirth
Dengan diimplementasikannya "Episode 9: Rebirth", maka profesi 3 pun telah diimplementasikan. Profesi Transcended/Rebirth ini merupakan profesi lanjutan dari profesi 2 (2-1 dan 2-2) yang memiliki keahlian tambahan yang melebihi profesi-profesi sebelumnya. Sebutan Profesi 3 atau Job 3 ini hanya berlaku pada negara Indonesia, karena secara resmi profesi 3 dinamakan profesi 2 lanjutan (2nd Advance pada Korean Ragnarok dan Ragnarok lainnya). Mungkin untuk menghilangkan kerancuan pada bahasa indonesia maka RO Indonesia memutuskan untuk mengubah namanya menjadi profesi 3.
Untuk berubah menjadi profesi Transcended/Rebirth, karakter pemain harus memiliki base level 99 dan job level 50 dengan catatan, saat ingin berubah menjadi profesi 3, maka karakter akan dikembalikan menjadi profesi Novice, tetapi dengan sebutan lain yaitu Novice High. Setelah menjadi Novice High, maka karakter bisa berubah menjadi profesi 1 High, sebelum menjadi profesi Transcended/Rebirth.
Profesi Transcended/Rebirth 2-1
Merupakan lanjutan dari profesi 2-1.
• Lord Knight, profesi lanjutan dari Knight, kini memiliki daya serang dan kecepatan yang jauh lebih tinggi. Profesi ini mendapat 8 kemampuan baru, seperti Aura Blade, Clashing Spiral dan kemampuan suportif berupa Frenzy yang dapat membuat HP maximum 3 kali lipat dari biasanya.
• Sniper, profesi lanjutan dari Hunter, kini dapat memanah musuh dengan daya kerusakan yang lebih besar. Profesi ini mendapat 4 kemampuan baru, di antaranya adalah Falcon Assault yang memerintah Falcon untuk menyerang satu target dengan damage yang besar, dan Wind Walker yang meningkatkan kecepatan berjalan.
• Assasin Cross, profesi lanjutan dari Assassin, kini mampu menciptakan racun yang mematikan, atau mengaplikasikannya ke dalam senjata, dan bahkan serangan senjata jenis katar yang lebih kuat. Profesi ini mendapat 5 kemampuan baru, seperti Soul Destroyer yang mampu menyerang secara fisik dan magis secara bersamaan, dan Enchant Deadly Poison, skill utama seorang Assassin Cross yang membuat job ini menjadi seorang damage dealer yang sangat efektif.
• High Wizard, profesi lanjutan dari Wizard, kini dapat menghasilkan serangan sihir yang lebih kuat dan menguasai beberapa ilmu sihir baru dengan kualitas yang lebih tinggi. Profesi ini mendapat 6 kemampuan baru, contohnya Napalm Vulcan yang merupakan versi lebih kuat dari Napalm Beat, Mystical Amplification yang meningkatkan serangan sihir hingga 50%, disertai sihir ofensif dan suportif lainnya.
• High Priest, profesi lanjutan dari Priest, kini mendapatkan mantra defensif yang sangat baik untuk bertahan. Profesi ini mendapat 4 kemampuan baru, seperti halnya Assumptio yang menambahkan pertahanan karakter maupun teman dengan pengurangan kerusakan yang dapat mencapai 2/3 dari biasanya, dan Basilica berupa mantra pemanggil tameng ajaib yang melindungi semua karakter di dalamnya dari semua serangan dalam jangka waktu tertentu, walaupun penggunaannya tidak memungkinkan karakter di dalamnya untuk beraksi.
• Whitesmith, profesi lanjutan dari Blacksmith, kini mudah meningkatkan nilai senjata, dengan kata lain mengupgradenya, disertai memiliki keahlian ofensif baru. Profesi ini mendapat 5 kemampuan baru, di dalamnya terdapat Meltdown berupa kemampuan menghancurkan equip lawan saat menyerang dan Cart Boost yang meningkatkan kecepatan perjalanan selagi membawa Cart. Di beberapa regional RO, Whitesmith disebut juga sebagai Mastersmith.
Profesi Transcended/Rebirth 2-2
Merupakan profesi lanjutan dari profesi 2-2.
• Paladin, profesi lanjutan dari Crusader, kini memiliki lebih banyak kemampuan ofensif dan suportif dalam pertarungan. Profesi ini mendapat 4 kemampuan baru, seperti Battle Chant yang merupakan skill support untuk grup, Martyr's Reckoning yang mengorbankan HP untuk menciptakan daya serang yang besar dan Rapid Smiting berupa kemampuan menyerang dengan perisai dengan daya kerusakan yang tinggi.
• Clown dan Gypsy, profesi lanjutan dari Bard dan Dancer, kini mendapatkan kemampuan ansambel yang lebih banyak dengan efek suportif yang lebih beragam. Kedua profesi ini masing-masing mendapat 6 kemampuan baru, yakni seperti Arrow Vulcan yang memanah 9 panah dalam 1 serangan, dan Tarot Card of Fate yang mengandalkan 1 dari 22 macam kartu tarot untuk menciptakan efek yang berbeda. Di beberapa regional RO, Clown disebut juga sebagai Minstrel.
• Stalker, profesi lanjutan dari Rogue, kini semakin baik dalam kecepatan dan makin baik dalam melucuti senjata milik musuh. Profesi ini mendapat 4 kemampuan baru, contohnya Full Divestment yang mampu melepas senjata, armor, dan helm target sekaligus, beserta Stealth yang memudahkan bergerak selagi bersembunyi dan saat dalam keadaan ini, Stalker tidak bisa dimunculkan dengan skill Ruwachnya Acolyte, dan Improve Concentrationnya Archer. Di beberapa regional RO, Stalker disebut juga sebagai Chaser.
• Scholar, profesi lanjutan dari Sage, kini mampu menyerap energi musuh dengan sihirnya, beserta menguasai lebih banyak sihir suportif. Profesi ini mendapat 7 kemampuan baru, terutama kemampuan untuk memanipulasi SP. Beberapa di antaranya adalah Soul Siphon yang menyerap SP musuh sekaligus memberikan damage besar, dan Foresight yang mengurangi waktu untuk membaca mantra. Di beberapa regional RO, Scholar disebut juga sebagai Professor.
• Champion, profesi lanjutan dari Monk, kini dapat memanggil 5 Spirit Spheres sekaligus disertai penguasaan bela diri yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan jurus-jurus Monk. Profesi ini mendapat 4 kemampuan baru, termasuk update dari skill Monk, seperti kemampuan fisik ofensif berupa Chain Crush Combo dan Tiger Knuckle Fist. Namun yang merupakan kekuatan utama dari seorang Champion adalah skill Zen yang mempermudah dalam memanggil Spirit Spheres.
• Creator, profesi lanjutan dari Alchemist, kini mempunyai pengetahuan mengenai penumbuhan tanaman dan penciptaan ramuan baru. Profesi ini mendapat 4 kemampuan baru, di antaranya adalah Cultivate Plant yang berupa menanam sebuah tanaman atau jamur sesuai item yang digunakan, dan Full Chemical Protection yang melindungi seluruh perlengkapan karakter atau teman dari kerusakan dengan satu gerakan dalam durasi yang cukup lama. Di beberapa regional RO, Creator disebut juga sebagai Biochemist.
Profesi Expansi/Tambahan
Profesi-profesi berikut merupakan profesi tambahan yang sudah ataupun belum diimplementasikan ke dalam idRO, akan tetapi fasilitasnya sudah diterapkan di regional kRO, dan sudah direncanakan untuk diterapkan di regional negara lainnya.
Profesi Expansi 1
• Taekwon, merupakan profesi lanjutan setelah Novice yang mengandalkan kekuatan fisiknya dengan jurus ilmu bela diri Taekwondo, tanpa penggunaan senjata. Profesi lanjutannya adalah Taekwon Master dan Soul Linker. Untuk berubah menjadi profesi ini, karakter harus menemui NPC di kota Payon.
• Ninja, merupakan profesi lanjutan setelah Novice, profesi ini mengandalkan kecepatan serangan seperti Thief, kemampuan untuk melakukan serangan jarak jauh seperti archer serta mampu menggunakan beberapa keahlian magis seperti Magician, tanpa memerlukan waktu untuk casting. Senjata yang dapat digunakan dimulai dari senjata jenis pisau, beberapa jenis pedang, beserta senjata jenis baru berupa shuriken. Ninja juga membutuhkan batu-batuan khusus untuk skill yang mengandalkan kekuatan magic. Untuk berubah menjadi profesi ini, karakter harus berbicara dengan NPC di guild Ninja di kota Amatsu. Profesi ini tidak mempunyai profesi lanjutan.
• Gunslinger, merupakan profesi lanjutan setelah Novice yang menggunakan jenis senjata baru, yaitu senjata api. Gunslinger mengutamakan kecepatan serangan dengan berbagai macam senjata api mulai dari jenis pistol hingga granat, serta mengutamakan jarak jauh di dalam pertarungan seperti Archer. Untuk berubah menjadi profesi ini, karakter harus berbicara dengan NPC di guild Gunslinger di kota Einbroch. Profesi ini tidak mempunyai profesi lanjutan.
• Death Knight dan Dark Collector adalah masing-masing profesi baru yang direncanakan untuk diterapkan dalam kRO. Namun kedua profesi tersebut belum diumumkan ke luar publik dan informasinya masih belum diketahui.
Profesi Expansi 2-1
• Taekwon Master, merupakan salah satu profesi lanjutan dari Taekwon. Disebut juga sebagai Star Knight atau Kwonsung. Profesi ini kini lebih memiliki jurus yang lebih kuat dibanding Taekwon, dan mampu menyatukan ilmunya dengan buku untuk mengeluarkan serangan yang lebih besar. Untuk berubah menjadi profesi ini, karakter harus menemui NPC di kota Payon. Profesi ini tidak mempunyai profesi lanjutan.
Profesi Expansi 2-2
• Soul Linker, merupakan salah satu profesi lanjutan dari Taekwon. Semua keahlian tendangan yang dipelajari sebelumnya sebagai Taekwon tak dapat dipakai sebagai Soul Linker, karena itu seorang Taekwon calon Soul Linker tidak akan menggunakan skill tendangan sama sekali, dan memilih untuk menggunakan skill support atau skill seperti Leap dan Sprint. Profesi ini lebih berperan menjadi profesi pendukung seperti Priest, keahliannya berupa penyatuan jiwa dengan karakter lain, sehingga dapat meningkatkan kemampuan karakter tersebut. Selain itu profesi ini diperbolehkan menggunakan senjata yang digunakan oleh profesi Wizard dan beberapa senjata tajam. Sebagian kemampuan unik dari karakter ini berupa pemantulan serangan musuh dan bahkan kemampuan untuk menghidupi diri sendiri bila HP mencapai titik penghabisan. Untuk berubah menjadi profesi ini, karakter harus menemui NPC di kota Morroc. Profesi ini tidak mempunyai profesi lanjutan.
Update
Pihak Ragnarok Online Indonesia terus melakukan update. Update terbaru yang telah diimplementasikan di server utama adalah "Episode 12: The Chaos of Morroc" pada bulan Desember 2008

Posted on 02.48 by Afrie... and filed under | 2 Comments »

2 komentar:

Anonim mengatakan... @ 31 Mei 2009 pukul 04.05

klo mua jd rogue, status yg bgs naikin ap yah?

klo bleh ama job yg lain jg,

dex,int,str,luk,vit,agi??

thnx....

Anonim mengatakan... @ 6 Januari 2011 pukul 18.54

kalo copas kasih link nya bro
plagiat namanya itu

Posting Komentar